Permainan Tradisional Nusantara Yang Biasa Dimainkan Anak-anak, Yaitu Bentengan!

Oleh : ftrrahman | 2022-03-29 13:47:40

Berikut adalah salah satu permainan tradisional Nusantara yang populer pada masanya dan juga dengan cara memainkannya, permainan-permainan tradisional ini bermanfaat untuk melatih dan membangun cara bersosialisasi anak, mengasah kecerdasan anak, melatih kerja sama tim, hiburan anak dan tentunya menjaga kesehatan anak karena efek permainan yang menyenangkan bagi anak. Permainan tradisional ini juga mungkin ada juga di daerah lain, namun dengan cara dan nama permainan yang berbeda, begitupun di daerah satu dan daerah lainnya di Jawa Barat, nama dan cara bermainnya kadang berbeda pula.

Bentengan adalah salah satu permainan tradisional Nusantara yang biasa dimainkan anak-anak yang juga memiliki puncak ke-populerannya pada tahun 80-an hingga awal tahun 2000-an, hingga sekarang permainan itu masih ada akan tetapi sudah jarang atau hanya di beberapa daerah tertentu saja. Permainan dimainkan dengan berkelompok yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan berlari dan strategi yang handal. Permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional yang sangat baik digunakan untuk anak berolahraga.

Cara Bermain Permainan Bentengan
1. Permainan ini dimulai dengan dua kelompok yang masing - masing pemainnya terdiri dari 4 hingga dengan 8 orang.
2. Kelompok memilih tiang atau pilar sebagai “benteng”. Disekitar benteng terdapat area aman untuk kelompok yang memiliki tiang atau pilar. Bila berada di area aman, mereka tidak perlu takut terkena pemain lawan karena pemain lawan tidak bisa mengalahkan ketika di area aman.
4. Pemain harus sering menyentuh bentengnya dikarenakan pemain lawan yang menjadi tawanan atau salah satu anggota kita yang tertawan ditentukan dari waktu terakhir menyentuh ketika “benteng”,
5. Orang yang paling dekat waktunya menyentuh benteng berhak menjadi “penawan”. Mereka bisa mengejar dan menyentuh anggota lawan untuk menjadikan tawanan.
6. Pemenangnya adalah kelompok yang dapat menyentuh tiang atau pilar lawan dan meneriakan kata “benteng”.

Manfaat Dari Permainan Bentengan:
1. Untuk melatih daya tahan serta kekuatan pemain karena dalam permainan ini pemain dituntut untuk terus berlari dan berlari.
2. Melatih kelincahan dan kecepatan berlari disaat bermain.
3. Selain itu permainan ini juga dapat membangun kerja sama antar kelompok.

Tags : #PermainanTradisional