Cara Membeli HP Bekas Agar Tidak Tertipu

gambar tersebut menjelaskan tentang cara membeli hp bekas gambar tersebut menjelaskan tentang cara membeli hp bekas

Cara Membeli HP Bekas Agar Tidak Tertipu

Smartphone bekas ataupun HP bekas sering jadi opsi sebagian orang yang mau mempunyai ponsel berkualitas dengan budget terbatas. Sayangnya, banyak di antara kita yang tidak mengenali cara membeli HP bekas yang benar. Dampaknya, HP bekas yang dibeli malah bermasalah serta tidak cocok dengan ekspektasi.

Membeli HP bekas dapat diibaratkan semacam membeli kucing dalam karung. Soalnya, kita tidak tahu persis keadaan HP bekas tersebut. Dapat saja, dari luar nampak lembut, tetapi nyatanya terdapat cacat yang tidak terdeteksi di bagian dalam mesin.

Agar tidak terjebak, ayo, ikuti langkah membeli HP bekas di bawah ini:

Sesuaikan dengan kebutuhan

Baik itu HP baru ataupun bekas, saat sebelum membeli pertimbangkan terlebih dulu gimana kebutuhan Kamu. Akan dipakai buat apa HP tersebut? Apakah buat berbisnis, bermain permainan, sekolah online, kuliah online ataukah buat keperluan yang lain?

Karena, beda kebutuhan beda pula HP yang sesuai digunakan. Bila Kamu memakai HP buat banyak kegiatan serta butuh mendownload banyak aplikasi ataupun permainan, maka belilah ponsel dengan kapasitas memori yang juga besar. Jangan beli ponsel dengan kapasitas yang kecil sebab membuatnya sering ngelag sehingga lebih gampang rusak.

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Survei harga pasar saat sebelum membeli HP bekas sangat penting dilakukan. Sebab tiap penjual barang bekas tentu mematok harga yang tidak biasa, lain halnya dengan HP baru yang sudah dapat diketahui harga pasarannya lewat majalah ponsel ataupun selebaran konter. Kalaupun berbeda tentu tidak begitu mencolok.

Si A menjual HP bekas dengan harga 800 ribu rupiah serta Si B menjual HP dengan harga 500 ribu rupiah dengan merk yang sama. Perbandingan harga ini dapat diakibatkan sebab sebagian aspek semacam mutu ponsel, mutu baterai, usia ponsel, kelengkapan ponsel, tampilan ponsel, serta masih banyak lagi yang yang lain. Apabila penjual mau HP nya laku dengan harga 600 ribu tentu mereka akan membuka harga awal penawaran 800 ribu

Apabila Kamu memanglah mau mencari yang kualitasnya masih lumayan bagus, carilah yang biayanya tidak begitu berbeda jauh dengan harga aslinya. Kamu dapat membandingkan harga ponsel baru serta harga bekas HP melalui website resmi perusahaan brand HP tersebut serta situs- situs eccommerce.

Cek data pembelian HP

Cara membeli HP bekas yang tidak boleh terlewat selanjutnya merupakan mengecek data pembelian dari pembeli awal. Hal ini bertujuan buat membenarkan jika HP bekas yang dibeli bukan benda curian. Setelah itu, meminta kardus asli serta menanyakan kartu garansi buat mengecek keaslian HP bekas yang bakal dibeli. Mengingat, HP rakitan umumnya tidak ada kartu garansi resmi.

Cek IMEI

IMEI merupakan tanda identitas yang harus dipunyai seluruh HP. Jika IMEI tidak terdaftar, HP akan terblokir serta tidak dapat tersambung dengan operator di Indonesia.

Metode mengecek IMEI HP bekas dapat kita jalani dengan menatap IMEI di kardus kemasan. Selanjutnya, kita bisa menelpon*#06#. Dan nomor IMEI muncul di layar HP. Yakinkan, nomor IMEI di kardus sama kayak yang terdapat di layar HP. Buat memastikannya lagi, bisa mengecek IMEI di halaman Imei. kemenperin. go. id. Halaman ini berperan untuk mengecek terdaftar ataupun tidaknya HP yang terdapat di Indonesia.

Cek daya tahan baterai

Berikutnya, mengecek daya tahan baterai ikut menjadi salah satu cara membeli HP bekas yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini bertujuan buat membenarkan baterai HP bekas tidak bocor serta masih dalam keadaan baik.

Sesungguhnya, kita dapat mengecek daya tahan baterai lewat fitur pemindaian umur baterai. Tetapi, apabila tidak terdapat fitur tersebut, kita dapat mengeceknya dengan mengisi baterai sampai penuh, kemudian perhatikan pengurangan baterai HP tersebut. Jika baterai cepat habis, lebih baik tukar dengan pilihan HP bekas yang lain, ya!

Cek fisik serta sistem HP

Membeli HP bekas umumnya rawan mengalami kehancuran. Sebab itu, cara membeli HP bekas yang tidak kalah penting untuk diperhatikan penting diperhatikan merupakan memastikan keadaan fisik HP bekas dalam keadaan yang baik.

Yakinkan layar, body, kamera, speaker, port USB, charger, volume, panel sidik jari, sampai headset HP bekas dalam kondisi baik serta mulus. Setelah itu, wajib memastikan sistem pada HP berfungsi dengan baik.

Apabila keadaan raga, fitur, serta sistem pada HP tidak berperan dengan baik. Dianjurkan buat memilah HP sisa yang lain, ataupun menawar dengan harga yang lebih masuk ide. Dengan begitu, kita dapat memperoleh HP sisa bermutu dengan harga terbaik.

Seperti itu beberapa cara membeli HP yang perlu perhatikan. Jangan sampai salah pilih, ya!