Ilmuwan Matematika Paling Brilian dalam Membentuk Dunia Modern

Ilustrasi Ilmu Matematika Ilustrasi Ilmu Matematika

Matematika sudah menjadi salah satu mata pelajaran yang paling disenangi oleh sebagian besar yang memang suka dengan dunia perhitungan. Namun, tak sedikit juga yang membenci pelajaran tersebut. Tapi sebenarnya, kehadiran matematika sendiri mampu menghadirkan banyak kontribusi bagi dunia modern. Salah satunya ada pada perangkat komputer serta perkembangan lainnya. Semua itu bisa terjadi juga berkat bantuan para ilmuwan ternama di dunia ini. 

Atas dasar berkat bantuan inilah, banyak sudah orang-orang cerdas di muka bumi ini memanfaatkan untuk memajukan dunia masuk ke dalam era modern. Contohnya seperti : menciptakan banyak seri ponsel, membuat satelit, membuat banyak mesin industri, dipakai untuk senjata perang, dan lain sebagainya. Nah, untuk bisa menghargai hasil penemuannya itu. Di bawah ini kami sudah merangkum beberapa nama ilmuwan matematika yang mana, mampu membawa orang-orang ke dunia modern.

Ilmuwan Matematika 1

  • Nama : Carl Friedrich Gauss
  • Tahun : 1777 - 1855

Bisa dikatakan ilmuwan satu ini sudah dikenal pada masanya sebagai seorang ilmuwan matematika terhebat yang pernah ada. Carl Gauss lahir di Jerman pada tahun 1777 silam, dan dirinya lahir dari keluarga yang kurang mampu. Walau begitu, Carl Gauss dapat menunjukan kehidupannya dari masa ke masa sebagai seorang ahli matematika yang brilian. Sampai dirinya ini menerbitkan sebuah buku yang di dalamnya meletakan langsung prinsip-prinsip dari teori bilangan, atau dikenal dengan studi bilangan bulat. 

Buku buatannya itu diberi judul “ Penyelidikan Aritmatika “. Mengapa demikian ? karena pada dasarnya, jika tidak dilengkapi oleh teori bilangan, maka kalian semua tidak akan bisa menggunakan komputer. Penggunaan dari komputer agar bisa beroperasi yakni memerlukan dua digit angka, yakni 1 dan 0. Sebab itu, dengan bantuan teori bilangan maka kalian sudah dinyatakan cukup dalam membuat banyak sekali kemajuan guna memecahkan masalah yang ada. Walau begitu, karya milik Carl Gauss terhadap teori bilangan masih terdiri dari sebagian kecilnya saja terhadap kontribusi pada bidang matematika. 

Ilmuwan Matematika 2

  • Nama : John von Neumann
  • Tahun : 1903 - 1957

Ilmuwan selanjutnya lahir di Budapest - Hungaria pada awal abad ke 20. Dirinya lahir pada zaman yang tepat, karirnya berkembang sangat bagus dalam perancangan arsitektur yang mampu mendasari setiap komputer sampai dengan detik ini. Mulai dari perangkat elektronik, internet, memutar musik dan video pun sudah masuk ke dalam langkah-langkah pertama yang ada di dalam pikiran von Neumann. 

John von Neumann sudah mendapatkan gelar Doktor pada bidang matematika di saat usianya menginjak 22 tahun. Tak hanya itu saja, dirinya juga mendapatkan gelar terbaik di bidang Teknik Kimia demi bisa membuat sang ayah bangga padanya. Namun biar bagaimanapun juga, von Neumann tetap jauh menyukai matematika ketimbang kimia. Lalu di tahun 1930, John von Neumann bekerja sama dengan Albert Einstein di salah satu universitas yang bernama Princeton. Sebelum kematiannya tiba pada tahun 1957, John von Neumann sudah berhasil membuat formula penting untuk teori : permainan, himpunan, geometri, statistik, mekanika kuantum, dan ditutup dengan ilmu komputer. Tidak ketinggalan, John von Neumann juga sudah menjadi bagian anggota dari proyek Manhattan. 

Ilmuwan Matematika 3

  • Nama : Alan Turing
  • Tahun : 1912 - 1955

Ilmuwan kali ini datangnya dari Inggris dan sudah mendapatkan julukan sejak dulu sebagai bapak Ilmu Komputer. Pasalnya selama Perang Dunia ke 2 sedang berlangsung, Alan Turing ini senantiasa melakukan berbagai macam kerusakan pada kode kripto milik Nazi. Sampai dirinya juga berani membuka pesan yang sebelumnya sudah dilindungi oleh mesin Enigma terkenal pada masanya. Selain dikenal berhasil dalam menghentikan Nazi Jerman untuk bisa mendominasi dunia, Alan Turing juga ikut adil memiliki peran penting terhadap pengembangan komputer modern. 

Dirinya sudah mendesain bagian mesin rancangannya sendiri yang diberi nama “ Mesin Turing “. Selain daripada itu, ia juga sudah membuat Tes Turing atau sebuah latihan kecerdasan buatan yang sengaja dibuatnya untuk bisa menguji kinerja atas program AI ketika sedang beroperasi. Sementara itu, untuk kehidupannya sendiri Alan Turing dikenal sebagai seorang pria gay dan harus menerima hukuman atas status kepribadian yang dimilikinya. Demi bisa mengurangi tingkat libidonya, Alan Turing harus menerima pembinaan. Namun sangat disayangkan, hidupnya harus berakhir tragis ! Dimana Alan Turing pada suatu ketika ditemukan sudah tewas akibat bunuh diri. 

Sebenarnya tak hanya ke tiga ilmuwan matematika ini saja, masih ada Sir Isaac Newton [ 1642 - 1727 ] yang dikenal sebagai ilmuwan terbesar sepanjang masa atas penemuan teori gravitasi, kalkulus, pembangun teleskop refleksi, serta hukum newton. Dan ada juga ilmuwan bernama Benoit B. Mandelbrot [ 1924 - 2010 ] yang dikenal sebagai penggagas dari Himpunan Mandelbrot atau dikenal sebagai bapak Geometri Fraktal.