Mengenal Dan Mengatasi Penyakit Lendir Paru-Paru, Wajib Tahu!

Ilustrasi scan dokter penyakit paru-paru lendir Ilustrasi scan dokter penyakit paru-paru lendir

Paru-paru adalah merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk menyediakan kebutuhan oksigen oleh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida. Letak paru-paru pada manusia berada di bagian atas abdomen, di kiri dan kanan jantung. Paru-paru terdiri dari jaringan ikat yang mengelilingi alveolus atau kumpulan dari beberapa  alveolus atau gelembung menyerupai rongga-rongga kecil yang terisi udara. Paru-paru juga memiliki bronkus dan bronkiolus, yaitu saluran-saluran kecil yang menghubungkan paru-paru dengan hidung dan mulut.

Fungsi Dari Paru-Paru Pada Manusia

Paru-paru memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh dengan membantu dalam proses pertukaran gas di dalam tubuh. Ketika anda bernapas, udara masuk ke paru-paru melalui hidung atau mulut, lalu menuju ke bronkus dan bronkiolus. Udara tersebut kemudian masuk ke alveoli, di mana oksigen dari udara tersebut diserap ke dalam darah yang mengalir melalui pembuluh darah yang terdapat di sekitar alveoli. Pada saat yang sama, karbon dioksida yang terdapat dalam darah dilepaskan ke udara yang keluar dari paru-paru ketika anda bernapas keluar.

Penyebab Terjadinya Lendir Pada Paru-Paru

Lendir adalah cairan yang diproduksi oleh sel-sel di dalam paru-paru untuk membersihkan saluran pernapasan. Cairan lendir ini biasanya terlihat sebagai dahak yang keluar dari paru-paru ketika anda batuk. Didalam lendir terdapat terdiri sel-sel imun yang membantu mengeluarkan partikel-partikel asing, seperti debu atau bakteri, dari paru-paru. Namun apabila jumlah lendir yang dihasilkan berlebihan akan cukup berbahaya bagi kesehatan paru-paru kita

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya lendir yang berlebihan di paru-paru, di antaranya:

  • Infeksi, seperti pneumonia atau bronkitis, dapat menyebabkan lendir yang berlebihan di paru-paru.
  • Alergi terhadap debu, bulu hewan, atau tumbuh-tumbuhan
  • Merokok dapat merusak sel-sel yang memproduksi lendir di paru-paru, sehingga menyebabkan lendir yang berlebihan.
  • Asap dari rokok atau asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan lendir yang berlebihan di paru-paru.
  • Penyakit paru-paru, seperti asma atau emphysema, dapat menyebabkan terjadinya lendir yang berlebihan di paru-paru.
  • Keadaan lingkungan dan faktor cuaca yang dingin atau kelembaban yang rendah dapat menyebabkan terjadinya lendir yang berlebihan di paru-paru.
  • Beberapa obat-obatan, seperti obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi atau tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan lendir yang berlebihan di paru-paru.
  • Penyakit refluks, yaitu kondisi dimana asam lambung naik ke dalam saluran pernapasan, dapat menyebabkan lendir yang berlebihan di paru-paru.
  • Penyakit jantung, seperti gagal jantung, dapat menyebabkan terjadinya lendir yang berlebihan di paru-paru karena adanya peningkatan tekanan darah di paru-paru.
  • Penyakit-penyakit lain, seperti kanker paru-paru atau fibrosis kistik, dapat juga menyebabkan terjadinya lendir yang berlebihan di paru-paru.

Cara Membersihkan Lendir Pada Paru-Paru

Untuk mengatasi jumlah lendir yang ada pada paru-paru, sebaiknya dilakukan dan dikonsultasikan kepada dokter ahli paru agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Akan tetapi bagi yang ingin mencoba menghilangkan dan membersih lendir tersebut secara alami dapat mencoba menggunakan cara-cara alami seperti berikut ini: (sebelum melakukannya harap berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya)

Perbanyak Minum

Minuman khususnya air mineral sangat dianjurkan oleh dokter karena dapat membantu mengurangi faktor dehidrasi karena menyebabkan berkurangnya sel imun dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk membantu proses penyembuhan di paru-paru.

Konsumsi Kencur Dan Jahe

Kandungan cinnamic aldehyde, borneol, camphene, cinnamic acid ethyl-ester pentadecane dan juga methyl-coumaric acid yang dimiliki oleh kencur memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna mengurangi peradangan. Sedangkan Jahe dapat menambah rasa hangat serta memiliki kemampuan untuk melawan mikroorganisme yang buruk karena mengandung zat anti-infeksi yang cukup baik.

Konsumsi Teh Herbal

Sejak zaman dahulu teh dipercaya dan diyakini sebagai salah satu minuman kesehatan yang cukup manjur. Mengkonsumsi teh herbal khususnya  yang mengandung peppermint dan juga jahe akan membuat lendir lebih mudah untuk keluar.

Madu Alami

Sebagai ekspektoran tentu saja madu dapat membantu meringankan gejala flu dan juga mampu mengencerkan dahak yang sulit keluar. Ketika lendir mulai sedikit encer maka akan lebih mudah untuk dikeluarkan melalui batuk.

Itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan jika anda merasakan sesak pada paru-paru yang bisa saja terjadi karena adanya kandungan lendir pada paru yang cukup banyak. Tetap selalu konsultasikan ke dokter apabila anda merasakan gejala-gejala terkait adanya lendir di paru-paru.