breaking news New

Mengenal Sosok Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee

Potret Kim Keon Hee, istri Presiden Korea Selatan menghadiri Spouse Programme KTT G20 Bali. Potret Kim Keon Hee, istri Presiden Korea Selatan menghadiri Spouse Programme KTT G20 Bali.

Akhir-akhir ini nama Kim Keon Hee istri Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, tengah menjadi sorotan banyak orang termasuk masyarakat Indonesia sejak kehadirannya di Bali untuk mendampingi sang suami di gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Sebagian besar masyarakat Indonesia memuji kecantikan Kim Keon Hee di usianya yang sudah 50 tahun.

Selain Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee juga dikenal dengan julukan The First Lady of South Korea. Ia juga sering disapa dengan nama Madam Kim sejak suaminya, Yoon Suk Yeol, menjabat sebagai presiden pada 2022. Pesona Kim Keon Hee mencuri banyak pasang mata hingga menuai berbagai pujian akan penampilannya. Selain dikenal sebagai ibu negara, Kim Keon Hee juga merupakan seorang CEO. Kenalan lebih dekat yuk dengan First Lady Korea Selatan Kim Keon Hee melalui biodatanya di bawah ini.

1. Biodata Kim Keon Hee

  • Nama: Kim Heon Hee
  • Lahir: Yangpyeong, Korea Selatan, 2 September 1972.
  • Pendidikan: Kyonggi University (BA), Sookmyung Women's University (MA), Seoul National University (MBA), dan Kookmin University (PhD)
  • Profesi: Ibu Negara Korea Selatan, CEO
  • Pasangan: Presiden Yoon Suk Yeol

2. Pendidikan Kim Keon Hee

Kim Keon Hee menempuh pendidikan sekolah menengah di Myungil Girls' High School. Setelahnya, Kim Keon Hee menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang seni dari Kyonggi University. Tidak sampai di situ, Kim Keon Hee juga mengantongi gelar MA (Master of Arts) dari Sookmyung Women's University, gelar MBA (Master of Business Administration) dari Seoul National University, dan gelar Doctor (PhD) dari Kookmin University.

3. CEO COVANA Contents

Kim Keon Hee adalah seorang pengusaha yang menjalankan sebuah perusahaan perencanaan pameran seni dan menjabat sebagai Chief Executive Officer. Dia mendirikan startup perencanaan pameran, COVANA Contents, pada 2009. Sejak itu, Kim memimpin perusahaan dan menyelenggarakan beberapa pameran seni dengan sukses.

4. Istri Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol

Yoon Suk Yeol dan Kim Keon Hee menikah pada 2012 lalu. Saat itu, Yoon Suk Yeol berusia 52 tahun dan Kim Keon Hee 40 tahun. Hingga saat ini, keduanya belum memiliki keturunan serta memelihara hewan kucing dan anjing. Pada 10 Mei 2022, Yoon Suk Yeol resmi menjabat sebagai Presiden ke-13 Korea Selatan dan Kim Keon Hee berstatus sebagai ibu negara. Kendati demikian, Kim Keon Hee sempat menyampaikan lebih menyukai sapaan istri presiden daripada ibu negara.

5. Ibu Negara Berpenampilan Paling Stylish

Ibu negara Korea Selatan sebelumnya tidak banyak tampil ketika suaminya menjadi presiden. Bahkan media hampir tak pernah memberitakan mereka. Namun ini tidak berlaku untuk Kim Keon Hee. Dia malah senang mencuri perhatian lewat penampilannya. Kim selalu tampil maksimal dalam berbagai kesempatan. Seorang ahli menuturkan selama ini ibu negara Korea Selatan biasanya menggambarkan kesederhanaan dan kesopanan dalam penampilan mereka. Sementara Kim Keon Hee menggambarkan citra yang berkelas, sophisticated, mandiri dan perempuan profesional. Tidak heran kalau dia dijuluki ibu negara Korea Selatan paling stylish.

6. Pernah Tersandung Kasus Riwayat Pekerjaan

Kim Keon Hee pernah tersandung kasus. Ia diduga pernah memalsukan riwayat pekerjaan untuk melamar kerja ke dua universitas di Korea Selatan. Saat itu Kim Keon Hee melamar ke dua universitas untuk posisi dosen. Mengutip The Korea Herald, di penghujung Desember 2021, Kim mengumumkan permintaan maaf secara publik.

"Saya melakukan kesalahan dalam proses bekerja dan belajar. Saya melebih-lebihkan karier saya agar terlihat bagus, dan menuliskan resumenya dengan tidak benar. Saya tidak seharusnya melakukan itu, tetapi melihat lagi ke belakang, itu adalah hal yang memalukan," ucapnya.

7. Menuai Kontroversi

Baru-baru ini, Kim Keon Hee menuai kontroversi lewat foto-fotonya saat berkunjung ke Kamboja. Di foto-foto itu, sang ibu negara terlihat memangku dan menggendong anak-anak kecil yang sakit. Tindakan Kim Keon Hee dituduh meniru Audrey Hepburn karena menggunakan seorang anak yang sakit di Kamboja sebagai "poverty porn" untuk membangun citranya sendiri.

Itulah ulasan sosok Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Bagaimana menurut kalian?